Mengenai Saya

Foto saya
PANGKEP, SULAWESI SELATAN, Indonesia
Nama saya Uswatun Hasanah nama yang sederhana yang diberikan oleh orang tua saya yang berarti "suri teladan yang baik" (yang tentunya dengan harapan yang sama) *aamiin. Saat pertama kali membuat blog ini saya adalah seorang santriwati di sebuah pondok pesantren, tapi saat saya memperbaharui blog ini alhamdulillah saya telah menjadi seorang mahasiswa di Prodi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Saya lahir tanggal 30 oktober 1995.

budaya MENYONTEK.!

menyontek di sekolah sekolah sudah di anggap biasa ?
menyontek sebenarnya merupakan salah satu perilaku menyimpang yang sering dilakukan oleh kaum "pelajar". tapi karena perilaku menyimpang itu "relatif" tergantung siapa yang menilainya. dan juga di dukung dengan semakin berkembangnya zaman dimana sepertinya langit akhlak telah runtuh, jadi penilaian pelajar zaman sekarang menyontek itu adalah sesuatu yang wajar sehingga sering dilakukan dan menjadi kebiasaan. nah, karena sudah dianngap wajar dan sudah menjadi kebiasaan itulah mengapa menyontek telah menjadi suatu budaya/tradisi turun menurun di sekolahan!

apasih untungnya menyontek ?
terlebih menyontek buku ! buku kan di buat untuk di pelajari ? kecuali kalau memang kita hidup di zaman super repot seperti zaman nenek moyang yang selalu saya dengar dari cerita-cerita nenek dan ayah saya .

kata nenek : "dulu itu, gak ada yang namanya buku. jadi, kita nulisnya di atas sebuah batu, dan menulisnya menggunakan ranting pohon yang ujungnya sudah di runcingkan lalu dicelupkan ke tinta dan baru deh sebuah huruf tertulis di batu itu dan kemudian menjadi kata dan terangkai menjadi kalimat. ribet kan ?

kata ayah : " dulu itu zaman sekolahannya, gak ada yang namanya buku paket. cuma guru yang punya, jadi kita harus nyatet semua yang dijelasin sang guru yang seperti gak ada komanya itu! (hah? semua ? tangan bisa jadi keriting kali yaah ?)

nah,nah, kalo kita hidup di zaman super ribet kayak gitu , barudeh wajar aja kalau ulangan pas liat buku paket itu seperti orang primitive yang sebelumnya gak kenal yang namanya buku paket ! padahal setiap hari kan buku paket itu selalu ada dekat kita , walaupun hanya jadi PAJANGAN ! ini dia nih  yang hidup di zaman yang teknologinya udah canggih ini ! buku dan pajangan pun gak bisa di bedain !

nyontek itu bukan karena kita gak mampu kok! gak ada orang yang bodoh di dunia ini, hanya saja ada orang yang gak mau berusaha dan gak percaya diri. gak percaya sama kemampuan dirinya sendiri ? hah ? jadi kalo diri sendiri aja gak mampu kita percayaain, kok mau maunya sih percaya sama buku yang gak bisa ngomong apa-apa itu ? -__- yaudalayahh.. its oke lah, setiap orang butuh waktu untuk merubah kebiasaan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar